Rabu, 14 Agustus 2013

Cara Membuat Herbarium



Oleh : Nadhifa Husna

Apa herbarium itu ?
Herbarium merupakan istilah yang pertama kali digunakan oleh Turnefor (1700) untuk tumbuhan obat yang dikeringkan sebagai koleksi.  Luca Ghini (1490-1550) seorang Professor Botani di Universitas Bologna, Italia adalah orang pertama yang mengeringkan tumbuhan di bawah tekanan dan melekatkannya di atas kertas serta mencatatnya sebagai koleksi ilmiah.
 
Herbarium berasal dari kata “hortus dan botanicus”, artinya kebun botani yang dikeringkan. Secara sederhana yang dimaksud herbarium adalah koleksi spesimen yang telah dikeringkan, biasanya disusun berdasarkan sistem klasifikasi. 
 Herbarium merupakan suatu spesimen dari bahan tumbuhan yang telah dimatikan dan diawetkan melalui metode tertentu. Sebuah herbarium dapat memberikan empat layanan utama yaitu: 1). Mengidentifikasi bahan percobaan, 2). Dasar untuk penelitian dan persiapan flora, monogafi dan revisi, 3). Pengajaran, 4). Pengamatan bahan bukti percobaan.  Spesimen yang di herbarium sering digunakan sebagai bahan referensi dalam menggambarkan taksonomi tanaman.   

Apa manfaat membuat herbarium itu ?
Material herbarium sangat penting artinya sebagai kelengkapan koleksi untuk kepentingan penelitian dan identifikasi, hal ini dimungkinkan karena pendokumentasian tanaman dengan cara diawetkan dapat bertahan lebih lama, kegunaan herbarium lainnya yaitu sebagai berikut : 1). Material peraga pelajaran botani, 2). Material penelitian, 3). Alat pembantu identifikasi tanaman, 4). Material pertukaran antar herbarium di seluruh dunia, 5). Bukti keanekaragaman dan 6). Spesimen acuan untuk publikasi spesies baru.

Ada berapa jenis herbarium itu ?

Herbarium terbagi atas herbarium kering dan herbarium basah (Ardiawan,1990 dalam http://marktambunan.wordpress.com, 2011).  Dijelaskan lebih lanjut bahwa herbarium kering adalah  herbarium  yang dibuat dengan cara pengeringan, namun tetap terlihat ciri-ciri morfologinya sehingga masih bisa diamati dan dijadikan perbandingan pada saat determinasi selanjutnya. Herbarium basah adalah Spesiesmen tumbuhan yang telah diawetkan disimpan dalam suatu larutan yang di buat dari komponen macam zat dengan komposisi yang berbeda-beda.

 Bagaimana cara membuat herbarium ?

Bahan :

Rumput Setaria (Setaria Anceps) dan Gamal (Glirisida sepium), 
Selotip untuk menempel tanaman yang sudah dikeringkan, 
Label untuk menandai tanaman yang sudah di keringkan tersebut serta 
Lem untuk menempel label.

Alat :
Triplek untuk mengepres, 
Kertas koran untuk alas bahan dan mempercepat pengeringan, 
Pemberat untuk mengepres, 
Kertas Karton untuk menempel hasil tanaman yang sudah dikeringkan, 
Gunting untuk menggunting bahan herbarium yang terlalu besar.

Cara membuat :

  1.  Mengambil sampel Rumput Setaria (Setaria Anceps) dan Gamal (Gliricidia sepium)  berupa daun, batang dan buahnya. 
  2.   Meletakkan sampel diatas triplek yang sudah diberi alas kertas koran. 
   3. Menata sampel dengan baik, kemudian ditutup dengan kertas koran, kemudian di tutup dengan triplek lagi


   4. Mengepress triplek dengan pemberat selama 1 minggu.  Agar tekanan yang dihasilkan lebih kuat dan tanaman menjadi lebih cepat kering.

  5. Mengganti alas koran agar herbarium tidak lembab dan berjamur serta mempercepat proses pengeringan.
    6. Tanaman dikatakan kering kalau dirasakan tidak dingin lagi dan juga terasa kaku.
   7. Menempel Tanaman Rumput Setaria (Setaria Anceps) dan Gamal (Gliricidia sepium) pada kertas karton.  
   8. Menuliskan nama pada kertas dengan kertas label. Label tersebut berisi data mengenai tanggal, tempat ditemukan, tempat mereka tumbuh, nama penemu, catatan khusus, nama familia dan nama spesies.


Berapa lama waktu membuat herbarium itu ?

Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan herbarium adalah lebih kurang selama 2 minggu pada suhu kamar. Hal ini sesuai dengan pendapat Meynyeng (2010) yang menyatakan bahwa pembuatan herbarium biasanya membutuhkan waktu lebih kurang 2 minggu dan suhu yang digunakan pada pembuatan herbarium adalah suhu kamar berkisar 30–35° C.

Bagaimana ciri-ciri herbarium yang baik itu ? 

Hasil herbarium tidak terjadi kerusakan atau terserang jamur.  Hal ini berarti proses pengeringan berjalan baik. Herbarium yang sudah jadi tersebut kemudian diberi label atau deskripsi singkat yang menggambarkan ciri-ciri setiap spesies tumbuhan yang ada.  Hal ini sesuai dengan http://umairacumay.blogspot.com (2011) yang menyatakan bahwa herbarium biasanya dilengkapi dengan data-data mengenai tumbuhan yang diawetkan, baik data taksonomi, morfologi, ekologi, maupun geografinya. Selain itu dalam herbarium juga memuat waktu dan nama pengkoleksi.
Herbarium yang baik adalah herbarium yang memiliki data, lengkap dengan bagian-bagiannya. Bagian ini berupa akar, batang, bunga bulir, dan buah. Dijelaskan lebih lanjut bahwa herbarium yang baik adalah yang memuat bagian-bagian tumbuhan yang representatif, yaitu organ-organ yang penting untuk identifikasi. 

Reference :





Meynyeng. 2010. Herbaium. Diakses dari http://meynyeng.wordpress.com /2010/03/26/herbarium/. Pada tanggal 16 Oktober 2012.

Salasanto, Mulyadi. 2011. Mari Membuat Herbarium. Diakses dari  http://melacakalam.wordpress.com/2011/11/20/mari-membuat-herbarium/

Sumber gambar : Dokumentasi pribadi (2012) 

Special thanks to : Bapak  Dr. Joko Daryatmo, S.Pt, MP

12 komentar:

  1. Balasan
    1. Amien3x ya rabb . . .
      Terima kasih ilmunya, Bapak . . .
      Jazakumulllah khoiron . . .
      :)

      Hapus
  2. Nice infonya Gan, Sangat Membantu (y)
    Thank

    Walking Blog
    http://jamutradisionalmujarab.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome, Obat Jelly Gamat Gold-G . . .
      Amien . . . Keep Success !!!

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terima Kasih, Ratih Mevia . . .
      Keep Spirit !!!

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terima Kasih, Zaidan Irsadul . . .
      Keep Success !!!

      Hapus
  5. Balasan
    1. Sama-sama, Bapak Abu Alqorny...
      Terima kasih...

      Hapus
  6. Tulisan yang menarik. Terimakasih

    BalasHapus
  7. Saya mau tanya KK, apakah hebarium kering ini gak menggunakan alkohol??p

    BalasHapus