Rabu, 11 September 2013

Kasus Pemalsuan Telur Ayam Kampung

Oleh : Nadhifa Husna

1. Telur Ayam Kampung
            Telur ayam kampung adalah telur yang berasal dari ayam kampung.  Ayam kampung merupakan salah satu jenis ternak unggas yang telah memasyarakat dan tersebar di seluruh pelosok nusantara. Bagi masyarakat Indonesia, ayam kampung sudah bukan hal asing.  Menurut Wikipedia (2012), ayam kampung dikenal dengan istilah ayam buras (singkatan dari "ayam bukan ras" kebaikan dari ayam ras/negeri) bagi ayam kampung yang telah diseleksi dan dipelihara dengan perbaikan teknik budidaya (tidak sekadar diumbar dan dibiarkan mencari makan sendiri). Nama ilmiah untuk ayam kampung adalah Gallus domesticus.
Laboratorium Unggas Unpad (2012) menyatkan bahwa telur ayam kampung per 100 gramnya memiliki kandungan 174 kalori, 10,8 gram protein, 4,9 mg zat besi dan 61,5 g retinol atau vitamin A.  Dijelaskan lebih lanjut bahwa karena alasan tersebut telur ayam kampung lebih diminati.dibandingkan dengan telur ayam negeri.
Telur ayam kampung yang asli mempunyai kelebihan dibandingkan telur ayam yang lain. Selain sumber kalori dan protein hewani yang cukup baik (mudah diserap usus dalam jumlah yang banyak) dapat dipakai sebagai campuran minuman jamu yang diyakini dapat memberikan kesegaran pada tubuh.
Fungsi Telur Ayam Kampung Untuk Kesehatan diantaranya :
·      Dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner, kencing manis, maag atau usus besar.
·      Selain mengandung sumber energi juga mengandung sumber protein yang cukup. Energi yang dipakai untuk mengganti energi yang digunakan aktifitas dan berfikir sedangkan proteinnya diperlukan untuk mengganti bagian organ yang rusak.
·      Mempunyai kandungan kolesterol (pada kuning telur) cukup tinggi.
Bagi yang mempunyai hipertensi atau hiperkolesterolemia (kandungan kolesterol dalam darah yang tinggi) harus hati – hati mengatur konsumsinya.
·      Membantu mengatasi kelelahan dan kecapaian tubuh, namun tidak dapat mengatasi seluruhnya karena badan masih membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan organ tubuh.
·      Telur ayam kampung lebih diminati khusunya oleh para pria. Untuk meningkatkan khasiatnya campur telur ayam kampung dengan madu asli, energi Anda pasti akan pulih kembali.
Gambar 1. Telur Ayam Kampung
2. Kasus Pemalsuan Telur Ayam Kampung
Kalau Anda sempat merasakan kejanggalan saat minum jamu yang menggunakan telur ayam kampung, bisa jadi telur yang anda konsumsi itu adalah imitasi bukan tukang jamunya yang melakukan kecurangan, tetapi para agen nakal yang menjebak para konsumen. Pembuatan telur ayam kampung abal-abal ini tergolong simpel, cuma dipilih telur ayam negeri yang berukuran kecil yang lantas direndam kedalam pewarna atau cat tembok selama berhari-hari. Telur ini memang cantik secara kasat mata tapi mematikan jika dikonsumsi, dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ dalam manusia.



 Gambar 2. a. Kiri         :  Telur Ayam Negeri (Ras)
                         b. Kanan    :  Telur ayam Kampung (Buras)
3. Perbedaan Telur Ayam Kampung Asli dengan Telur Ayam Kampung Palsu
Adapun cara membedakan telur ayam kampong asli dengan telur ayam kampong palsu adalah sebagai berikut :
a) Raba telur, biasanya telur yang asli lebih halus dibanding telur palsu yang kulitnya lebih kesat.
Gambar 3. Telur ayam kampung asli (yang di centang) teksturnya lebih licin dibandingkan dengan telur ayam kampung palsu yang lebih kasar

b)  Jika disentuh dengan tangan basah maka warna telur palsu akan memudar.
c)  Perbedaan yang paling menonjol, telur ayam kampung lebih banyak kuningnya dibanding dengan telur biasa.
Gambar 4. Warna kuning telur ayam kampung asli lebih orange daripada warna kuning telur ayam kampung palsu

4. Bahaya Telur Ayam Kampung Palsu
Telur ayam kampung palsu sangat mematikan jika dikonsumsi, dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ dalam manusia.  Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan untuk memutihkan warna telur ayam negeri adalah bahan kimai pemutih yang berbahaya.  Jadi telur ayam negeri direndam agar warna coklatnya luntur.  Perendaman selama berhari-hari ini tentu saja akan mengakibatkan bahan kimia tersebut masuk melalui pori-pori cangkang telur dan akan mempengaruhi isi telur.  Zat pemutih ini akan sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.
Keamanan pangan merupakan syarat penting yang harus melekat pada pangan yang hendak dikonsumsi oleh semua masyarakat Indonesia. Pangan yang bermutu dan aman dapat dihasilkan dari dapur rumah tangga maupun dari industri pangan. Salah satu kasus penjaminan mutu hasil ternak sehingga mengakibatkan pangan menjadi tidak aman untuk dikonsumsi adalah pemalsuan telur ayam kampung.  Telur ayam kampung palsu sangat mematikan jika dikonsumsi, dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ dalam manusia.

Reference:
Anonim. 2012. Kebohongan Produsen pada Masyarakat dan Publik.  http://indonesiaindonesia.com/f/37233-kebohongan-produsen-masyarakat-publik/ diakses tanggal 18 Maret 2013.
Izti. 2008. Telur Palsu Dan Perilaku Curang Para Pedagang Kita. Dalam : http://myquran.org/forum/index.php?topic=46913.0 diakses tanggal 18 Maret 2013.
Laboratorium Unggas Unpad. 2012. Khasiat Luar Biasa Telur Ayam Kampung . http://labunggasunpad.blogspot.com/2012/07/khasiat-luar-biasa-telur-ayam-kampung.html. diakses tanggal 18 Maret 2013.
Wikipedia. 2012. Ayam Kampung. http://id.wikipedia.org/wiki/Ayam_kampung. diakses tanggal 18 Maret 2013.
Special thanks to : Ibu. drh. Yudiani Rina Kusuma, MP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar