Minggu, 20 Oktober 2013

Persiapan Tanam Padi Sawah

Oleh : Nadhifa Husna

Persiapan tanam padi sawah adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh petani sebelum menanam padi di sawah.  Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan hasil padi yang sesuai dengan harapan, karena untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan tersebut harus dimulai dari awal, yaitu sejak dilakukan pengolahan lahan sampai tanaman itu bisa di panen.

Tahap-tahap persiapan tanam

Tahap-tahap persiapan tanam padi sawah adalah :
1. Persiapan Lahan
2. Seleksi Benih
3. Persemaian
4. Penanaman Padi

1. Persiapan Lahan
Persiapan lahan meliputi :
a. Pembersihan, yaitu membersihkan rumput liar, gulma dan jerami.  Membenamkan jerami dalam kondisi jenuh air untuk mempercepat pelapukan.  pembenaman jerami bertujuan agar lahan sehat, proses penyerapan puupuk bisa maksimal.
b. Pembuatan galengan/pematang, yaitu mencangkul lahan untuk dibuat galengan/pematang serta memperbaiki pematang-pematang yang rusak.
c.  Pembajakan, yaitu pengolahan tanah I dilakukan 20-30 hari sebelum tanam dengan kedalaman 25-30 cm.
d. Penggaruan, yaitu  pengolahan tanah II dilakukan beberapa hari sebelum tanam yang bertujuan untuk melumpurkan dan meratakan tanah
e. Pemberian bahan organik, yaitu pemberian pupuk kandang/kompos sebanyak 4-5 ton/ha atau penyemprotan MOL (Mikro Organisme Lokal)

2. Seleksi Benih
Seleksi benih adalah memilih benih yang bermutu untuk ditanam.  Hal ini dikarenakan benih bermutu akan sangat menentukan pertumbuhan dan produktivitas tanaman.
Seleksi benih dilakukan dengan cara : benih direndam dalam larutan garam 3% (garam 3 gram untuk 1 liter air), benih yang tenggelam yang dipakai.  benih yang tenggelam diambil, dibilas dengan air bersih sesegera mungkin kemudian di rendam dalam air selama 24-48 jam, ditiriskan dan diperam selama 48 jam.

3. Persemaian
Persemaian adalah tempat untuk menyemai benih.  luas persemaian adalah 20% dari luas lahan, menyebar benih dengan rata, 3-4 hari benih berkecambah.

4. Penanaman padi
Penanaman padi, meliputi tanam bibit muda (umur <21 hari), tanam bibit 1-3 batang per lubang dan tanam sistem jajar legowo.

teknik bercocok tanam yang baik sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.  hal ini harus dimulai dari awal, yaitu sejak dilakukan persemaian sampai tanaman itu bisa dipanen.

Reference :

Anonim. 2013. Penanaman Padi Secara Tradisional. Diakses 17 Oktober 2013. http://www.caramencegah.com/penanaman-padi-secara-tradisional

Sumber gambar : Dokumentasi Pribadi (2012)

Special thanks to : Mas Slamet Riyadi-PHP/POPT Kecamatan Cepiring

@bahan materi penyuluhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar